Analisis penyebab rendahnya hasil belajar dapat meninjau ketepatan seluruh komponen diantaranya : mungkin
keberhasilan ini disebabkan karena rumusan tujuan tidak
sesuai dengan row input
dan
kemampuan
awal
siswa
“entery behaviour
level”
siswa,
bisa
jadi
tujuan
yang
ditetapkan tidak sesuai dengan tingkat
kemampuan siswa dalam kata lain terlalu tinggi. Penyebab
yang lain bisa dari materi kurang sesuai dengan tujuan,terlalu kompleks, terlalu
sulit sehingga tidak dikuasai sepenuhnya oleh
siswa.
alasan praktis pemilihan media : a. Demonstration :Dalam hal ini media dapat digunakan
sebagai alat untuk mendemonstrasikan
sebuah konsep, alat, objek, kegunaan, cara mengoperasikan dan lain-
lain.
b. Familiarity :Pengguna media pembelajaran memiliki alasan pribadi mengapa
ia menggunakan media, yaitu karena
sudah terbiasa menggunakan media tersebut, merasa sudah menguasai media tersebut,jika
menggunakan media lain belum tentu
bisa dan untuk mempelajarinya membutuhkan waktu, tenaga dan
biaya, sehingga secara terus menerus ia menggunakan media yang sama.
c. Clarity :Alasan ketiga ini mengapa
guru menggunakan media adalah untuk lebih memperjelas pesan
pembelajaran dan memberikan penjelasan yang lebih konkrit.
d. Active
Learning :Media dapat berbuat
lebih dari yang bisa dilakukan oleh guru.
Salah satu aspek
yang harus diupayakan oleh guru
dalam
pembelajaran
adalah
siswa harus berperan secara
aktif baik secara fisik, mental,
dan emosional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar