BELAJAR SAMBIL BERMAIN

JANGAN SIA-SIAKAN WAKTU ANDA, SELAGI MASIH ADA WAKTU

Kamis, 04 Oktober 2012

TEKNIK PEMILIHAN MEDIA

Alasan teoritis pemilihan media yaitu karena kedudukan media yang strategis untuk keberhasilan pembelajaran,didasari atas konsep pembelajaran sebagai sebuah sistem yang  didalamnya  terdapat  suatu  totalitas  yang terdiri  atas  sejumlah  komponen yang  saling  berkaitan untuk mencapai tujuan.

Analisis penyebab rendahnya hasil belajar dapat meninjau ketepatan  seluruh         komponen diantaranya  : mungkin keberhasilan ini disebabkan karena rumusan tujuan tidak sesuai  dengan  row  input  dan  kemampuan  awal  siswa “entery  behaviour  level”  siswa,  bisa  jadi  tujuan  yang ditetapkan tidak sesuai dengan tingkat kemampuan siswa dalam kata lain terlalu  tinggi. Penyebab yang lain bisa dari   materi kurang sesuai dengan tujuan,terlalu kompleks, terlalu sulit sehingga tidak dikuasai sepenuhnya oleh siswa.

alasan praktis pemilihan media : a.  Demonstration :Dalam hal ini media dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah konsep, alat, objek, kegunaan, cara mengoperasikan dan lain- lain.
b. Familiarity :Pengguna  media pembelajaran memiliki alasan pribadi mengapa ia menggunakan media, yaitu karena sudah  terbiasa menggunakan media tersebut, merasa  sudah menguasai media tersebut,jika menggunakan  media lain belum tentu bisa dan untuk mempelajarinya membutuhkan  waktu, tenaga dan biaya, sehingga secara terus menerus ia menggunakan media yang sama.
c. Clarity :Alasan ketiga ini mengapa guru menggunakan media         adalah         untuk lebih          memperjelas          pesan pembelajaran dan memberikan penjelasan yang lebih konkrit. 
d. Active Learning :Media dapat berbuat lebih dari yang bisa dilakukan oleh guru. Salah satu aspek yang harus diupayakan   oleh  guru  dalam  pembelajaran  adalah siswa harus berperan  secara aktif baik secara fisik, mental, dan emosional.

          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar