BELAJAR SAMBIL BERMAIN

JANGAN SIA-SIAKAN WAKTU ANDA, SELAGI MASIH ADA WAKTU

Selasa, 02 Oktober 2012

Nama Kelompok :


  • Dani khairunisah                      (11005089)
  • Dayukirana E.                          (11005087)
  • Hermi Puspita Negari         (11005082)
  • Dwi Prasetyo                           (11005075)
  • Nandar Widorahmanto     (11005067)
  • Fajar Esthi Kuncoro           (11005069)














Isi Laporan           : Hasil Pengamatan SD Negeri Kotagede III dalam Penggunaan Media Pembelajaran.
Judul Topik          : Media Pembelajaran Matematika “ Tabel Perkalian” Kelas III SD.
Lokasi pengamatan      : SD Negeri Kotagede III
1.      Latar Belakang Media Pembelajaran
Tidak mudah bagi anak usia dasar  untuk berfikir secara abstrak, mereka belum dapat memahmi materi yang hanya dijelaskan oleh guru melalui metode ceramah tanpa ada interaksi secara langsung. Oleh karena itu, perlu digunakan sebuah media yang mampu membantu proses berfikir. Terlebih mengenai hitung-menghitung.
Berdasarkan hasil pengamatan di SD N Kotagede III guru di sekolah tersebut mempunyai anggapan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat memudahkan siswa dalam memahami materi. Oleh karena itu guru menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran, salah satunya proses pembelajaran yang dilakukan di kelas III SD N Kotagede III pada mata pelajaran  MATEMATIKA berupa tabel perkalian. Guru menggunakan tabel perkalian yang digunakan untuk media pembelajaran. Dengan menggunakan tabel perkalian tersebut siswa dapat lebih mudah menguasai materi dan menambah angka dan bilangan dalam ilmu pengetahuannya.

2.      Alasan Penggunaan Media Pembelajaran
TABEL PERKALIAN KELAS III SD
ü  Ditinjau dari segi peserta didik :
1.     Agar siswa dapat menganalisis perkalian dengan metode yang mudah dipahami.
2.     Dengan metode ini siswa mampu menambah jumlah angka dan bilangan pada materi perkalian.
3.      Dengan metode pembelajaran ini siswa diharapkan lebih aktif dan interaktif dalam mengikuti pelajaran.
4.     Melatih daya ingat siswa tentang perkalian sederhana.
5.      siswa dapat saling bertukar ilmu mengenai materi perkalian.
ü  Ditinjau dari segi Guru :
1.      Membantu guru dalam memberikan materi pembelajaran agar siswa lebih paham dalm proses pembelajaran.
2.      Memotivasi guru untuk lebih berfikir kreatif disetiap pembelajaran.
3.      Merubah pola fikir siswa bahwa sekolah itu menyenangkan dengan salah satu cara yaitu dengan interaksi secara langsung.

3.      Analisis “Pembelajaran dengan Tabel Perkalian”
Berdasarkan Kriteria Pemilihan Media Termasuk dalam kriteria pemilihan media :
DEMONSTRATION
Dalam hal ini media dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah konsep, alat, objek, kegunaan,  dan lain-lain. Tabel perkalian berfungsi sebagai  media pembelajaran karena pada SD Kotagede III kelas 3, dalam  menyampaikan  materi  guru menggunakan tabel perkalian guna memudahkan siswa dalam mempelajari angka dan bilangan dalam perkalian. Mekanisme pembelajarannya guru menjelaskan sambil memberi contoh-contoh soal dan mengajak siswa berinteraksi secara  langsung.
4.      Posedur pemilihan media pembelajaran
Berdasarkan hasil pengamatan yang kami lakukan di SD Negeri Kotagede III kami  menarik kesimpulan bahwa media yang digunakan dalam proses pembelajaran tersebut termasuk prosedur Assure.  Hal-hal yang menguatkan metode yang digunakan prosedur Assure, antara lain:
1.   Guru menganalisis karakteristik dari peserta didik/siswanya sebelum mentukan mau menggunakan media apa.
2.      Guru menentukan pembelajaran  dan siswa diharapkan dapat menguasai perkalian
3.      Guru menentukan dan membuat alat peraa yang akan digunakan dalam proses pembelajaran dalam hal ini adalah tabel perkalian.
4.      Alat peraga yang telah dibuat digunakan untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran .
5.     Guru memberikan soal latihan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, semakin tinggi nilai dan jawaban yang benar berarti       media dan proses belajar sudah efektif.


/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar